Thursday, December 7, 2017

Pembahasan Tentang Penyakit Maag

Penyakit maag atau juga dikenal dengan nama gastritis adalah suatu  kondisi medis di mana terjadi pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. Penyakit ini pada umumnya menyerang secara tiba-tiba dan berlangsung singkat, namun ada kalanya juga merupakan bagian dari sebuah penyakit medis yang serius dan berlangsung cukup lama. Kebanyakan orang menganggap penyakit maag sebagai gangguan penyakit yang ringan dan tidak terlalu mengkhawatirkan. Pengobatan penyakit maag dapat dilakukan dengan meninggalkan gaya hidup yang buruk dan mulai hidup sehat, pengobatan medis modern dan juga pengobatan alternatif atau tradisional.
Penyakit maag pada dasarnya dibagi menjadi dua kategori. Penyakit maag akut dan penyakit maag kronis. Penyakit maag itu sendiri, senyatanya bukanlah merupakan penyakit tunggal. Penyakit maag muncul akibat dari beberapa kondisi kesehatan yang buruk. Yang acap kali terjadi dan kerap ditemui adalah, peradangan pada lambung timbul akibat dari bakteri bernama Helicobacter pylori. Bakteri yang juga dikenal sebagai bakteri yang dapat menyebabkan borok (ulcer) pada lambung. Penyakit maag yang disebabkan oleh bakteri ini dikategorikan sebagai penyakit maag kronis. Perlu untuk masyarakat awam ketahui, infeksi yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori bisa sangat membahayakan. Pengobatan penyakit maag kronis sama sekali tidak bisa dianggap enteng karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker lambung.Selain penyakit maag kronis, penyakit maag yang paling banyak didapati di masyarakat adalah penyakit maag akut. Penyebab penyakit maag akut rata-rata disebabkan oleh stress, pemakaian zat-zat kimia tertentu, konsumsi minuman keras, serta kebiasaan menyantap makanan yang terlalu pedas atau kelewat asam. Ketika seseorang mengalami stress, akan timbul perangsangan saraf simpatis NV atau Nervus vagus, yang serta merta akan meningkatkan produksi asam klorida (HCl) di dalam lambung. Tingginya produksi asam klorida  di dalam lambung akan mengakibatkan rasa mual, muntah-muntah dan juga anoreksia. Namun, berita baiknya, penyakit maag akut dapat diobati dengan mudah asalkan benar-benar bersedia merubah gaya hidup anda menjadi lebih baik dan lebih sehat.
B.     Gejala Penyakit Maag
Beberapa gejala yang lazim didapati pada penderita penyakit maag adalah sebagai berikut:
·         Nyeri atau rasa seperti terbakar pada perut
·         Perut terasa kembung dan terus menerus bersendawa
·         Mual dan muntah-muntah
·         Kehilangan selera makan
·         Cegukan
·         Diare
C.    Tahapan Penyakit Maag
Ada beberapa tahap dalam penyakit maag, yaitu:
  • Maag ringan
    • Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.
  • Maag sedang
    • Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.
  • Maag kronis
    • Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.
  • Kanker lambung
D.    Penyebab Penyakit Maag
Adapun penyebab dari timbulnya penyakit maag antara lain adalah:
·    Efek dari pemakaian obat-obatan tertentu secara terus-menerus (aspirin, ibuprofen, naproxen)
·    Pemakaian zat-zat kimia seperti kokain
·    Radiasi atau kemoterapi
·    Meningkatnya cairan asam lambung
·    Konsumsi alkohol
·    Terlalu banyak makan atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan panas dan pedas
·    Merokok (penggunaan tembakau)
·    Kopi dan minuman lain yang mengandung kafein
·    Kecemasan dan tingkat stress yang tinggi
E.     Pengobatan Penyakit Maag
Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus meminum obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan jajan sembarangan.Obat-obatan untuk sakit maag umumnya dimakan dua jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan. Adapun dengan tujuan obat diminum dua jam sebelum makan yaitu untuk menetralisir asam lambung, karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan didalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil yang apabila terkena asam akan terasa perih. Kemudian obat yang diminum dua jam sesudah makan bertujuan untuk melindungi dinding lambung dari asam yang terus diproduksi. Akhirnya dua jam setelah makan, asam yang di lambung akan terpakai untuk mencerna makanan sehingga sudah ternetralisir dan tidak akan melukai dinding lambung.[1]
Obat-obatan yang biasanya digunakan:[1]
  1. Antasida (Menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri)
  2. Proton pump inhibitor (Menghentikan produksi asam lambung dan menghambat infeksi bakteri helicobacter pylori)
  3. Cytoprotective Agent (Melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus)
  4. Obat anti sekretorik (Mampu menekan sekresi asam)
  5. Pankreatin (Membantu pencernaan lemak, karbohidrat, protein dan mengatasi gangguan sakit pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sering mengeluarkan gas)
  6. Ranitidin (Mengobati tukak lambung)
  7. Simetidin (Mengobati dispepsia)
Selain itu penyakit ini dipercaya memiliki beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi yaitu:[2]
1.      Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu.
2.      Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai, dan merica (makanan yang merangsang perut dan dapat merusak dinding lambung).
3.      Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju.
4.      Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
5.      Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak serat, antara lain:
·         Sayur-sayuran tertentu seperti sawi dan kol
·         Buah-buahan tertentu seperti nangka dan pisang ambon
·         Makanan berserat tinggi tertentu seoerti kedondong dan buah yang dikeringkan
·         Minuman yang mengandung banyak gas (seperti minuman bersoda).
Selain itu, kegiatan yang dapat meningkatkan gas didalam lambung juga harus dihindari, antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok.
Cara-cara mudah untuk mengobati penyakit maag dapat kita lakukan dengan:
·    Mengikuti diet khusus untuk penderita penyakit maag
·    Meminum obat yang dianjurkan secara teratur sampai benar-benar sembuh dan terbebas dari penyakit maag
·    Makanlah makanan yang sehat dan tidak terlalu berat dengan bumbu atau rempah. Contohnya roti panggang, sampai anda benar- benar sembuh
·    Kurangi porsi makanan yang anda santap. Makanlah dalam posi kecil setiap kalinya.
·    Hindari makanan yang terlalu pedas untuk sementara waktu, atau buah-buahan dengan kadar asam tinggi seperti anggur.
·    Jauhi minuman yang mengandung alkohol dan kafein, begitu pula soda dan kola.
·    Jangan makan secara berlebih-lebihan atau melewatkan waktu makan. Makanlah dengan teratur di waktu-waktu yang tepat.
·    Istirahat yang cukup.
·    Hindari stress. Nikmati dan syukuri hidup anda.
Cara Mengatasi Maag
Minum air kelapa dapat membatu mengatasi sakit maag secara alami, karena air kelapa memiliki vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mengistirahatkan lambung dan saluran pencernaan. Air kelapa juga bersifat mendinginkan lambung sehingga bisa untuk mengkondisikan lambung.
Ada beberapa tips mengatasi maag yang mungkin dapat membantu dalam mencegah munculnya, mengobati gejala hingga mencegah munculnya komplikasi yang ada :
·       Makan yang teratur dan biasakanlah mengkonsumsi makan yang sehat. Seperti, makan pada waktunya, jangan membiarkan perut kosong dalam jangka yang panjang, jangan makan terburu-buru. Perhatikan komposisi seimbang antar lemak, karbohidrat dan protein.
·       Hinadari makanan yang dapat mengiritasi lambung seperti, pedas, asam, alkohol, rokok dan aspirin. Kafein juga bisa memicu asam lambung sehingga anda juga harus menghindarinya.
·       Mengkonsumsi makanan yang lunak dan lembut.
·       Makanlah walaupun hanya sedikit tetapi sering, jangan biarkan lambung dalam keadaan kosong.
·       Menghindari minuman beralkohol, kopi dan rokok.
·       Stres merupakan pemicu meningkatnya asam lambung, maka hindarilah.
·       Perbaiki gaya hidup dengan cara mempertahankan berat badan, istirahat yang cukup dan olahraga secara teratur.
Tips mengatasi maag ini akan berhasil karena niat dari sependerita, jadi disarankan untuk penderita maag harus bisa segera mengambil tindakan agar tidak menjadi akut dan timbul masalah lagi yang lebih serius.

No comments:

Post a Comment